Tata Cara Menumbuhkan Semangat Kerjasama Di Lingkungan Sekolah

tips menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolahTata Cara Menumbuhkan Semangat Kerjasama Di Lingkungan Sekolah, Kerjasama adalah salah satu faktor penentu keberhasilan dalam suatu organisasi. Kerjasama membuat membuat pekerjaan sulit menjadi lebih mudah. Kerjasama membuat segala pekerjaan selesai lebih cepat. Kerjasama memungkinkan setiap anggota dalam suatu kelompok bisa saling menopan satu sama lain, sehingga produk yang dihasilkan pun menjadi lebih baik.

Sekolah terdiri dari banyak anggota yang memiliki peran masing-masing, yaitu murid, guru, kepala sekolah, petugas keamanan, dan lainnya. Setiap warga sekolah harus bisa menjalin kerjasama yang baik, agar tercipta suasana di sekolah yang kondusif dan suasana yang rukun. Bagaimana cara menciptakan suasana kerjasama di sekolah?

1. Memiliki visi dan misi yang jelas

Tidak hanya sekolah, setiap organisasi perlu memiliki visi dan misi. Visi dan misi sekolah yang jelas, akan membuat setiap warga sekolah terpacu untuk menciptakan visi dan misi sekolah. Akan lebih baik lagi bila visi dan misi sekolah diringkas dalam bentuk yel-yel maupun semboyan. Yel-yel dan semboyan bisa diucapkan bersama-sama, misalnya saat upacara bendera maupun di acara-acara sekolah.

2. Memberikan wacana atau pedoman tentang cara bekerjasama

Sesekali, kepala sekolah bisa mencanangkan sebuah acara yang membahas tentang pentingnya kerjasama, misalnya dalam bentuk seminar atau pelatihan. Dalam acara tersebut, sekolah bisa mendatangkan seorang pembicara atau motivator yang secara khusus membahas tentang pentingnya kerjasama dan cara melakukan kerjasama, khususnya di sekolah. Program pelatihan bisa diadakan dalam bentuk outbound, dimana setelah melakukan suatu aktivitas outboud seorang pembicara bisa menyampaikan manfaat dari aktivitas yang baru saja dilakukan.

3. Membuat sistem kerjasama dalam bentuk aturan

Agar kerjasama bisa dilakukan semua warga sekolah, perlu adanya suatu aturan yang baku dan wajib diikuti oleh seluruh warga sekolah. Misalnya bila ada salah satu guru yang mau absen, maka guru yang mau absen tersebut hendaknya berusaha menginformasikan sebelumnya, supaya bila ada jam wajib mengajar, maka ia bisa digantikan dengan guru yang lain.

Setiap aturan yang dibuat dan disepakati, perlu dipatuhi. Jangan memberikan hukuman bagi para pelanggarnya, tapi berikanlah konsekuensi.

4. Kepercayaan adalah hal yang penting

Kepercayaan adalah hal yang penting dalam suatu organisasi. Setiap warga sekolah hendaknya saling percaya satu sama lain. Sikap meremehkan dan saling curiga satu sama lain, adalah faktor-faktor yang bisa meruntuhkan kerjasama. Setiap anggota sekolah juga wajib menjaga keprcayaan yang diberikan. Karena kepercayaan seseorang pada kita bisa hilang karena hal-hal negatif yang kita lakukan.

5. Melakukan aktivitas bersama-sama

Kerjasama membutuhkan hubungan persahabatan atau bahkan hubungan persaudaraan yang erat. Untuk memupuk hubungan persaudaraan yang baik, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, misalnya kerja bakti, senam bersama, bersepeda bersama, dan lainnya.
Suasana kerjasama yang baik akan memancarkan suasana kerukunan di dalam sekolah. Bila di sekolah segenap warganya bisa hidup rukun, maka setiap guru serta karyawan akan lebih mampu melakukan setiap pekerjaannya dengan baik dan setiap siswa bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik. Tentu saja semua nanti akan kembali pada peningkatan mutu pelayanan di sekolah dan peningkatan prestasi para siswa.

3 thoughts on “Tata Cara Menumbuhkan Semangat Kerjasama Di Lingkungan Sekolah

  • at
    Permalink

    I do agree with all the ideas you’ve presented in your post. They are really convincing and will certainly work. Still, the posts are too quick for beginners. Could you please lengthen them a little from subsequent time? Thank you for the post.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *