Perbedaan Antara Depresi Dan Sedih Yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan Antara Depresi Dan SedihPerbedaan Antara Depresi Dan Sedih Yang Harus Kamu Ketahui, Perasaan sedih, kesedihan, keputusasaan dan kesepian adalah emosi normal yang dialami semua manusia pada suatu saat dalam kehidupan mereka. Ketika perasaan ini bertahan untuk waktu yang lama, kesalahan diagnosa seringkali dilakukan karena kondisi sedih dan depresi memiliki beberapa gejala umum termasuk kesulitan memusatkan perhatian dan kelelahan kronis yang dipasangkan dengan sulit tidur dan rutinitas makan yang tidak teratur. Namun, penting untuk menarik perbedaan yang jelas antara kesedihan dan depresi untuk memastikan bahwa orang-orang dengan depresi mendapatkan bantuan yang diperlukan untuk pulih. Depresi adalah kondisi serius yang mengancam kesehatan mental dan fisik sementara kesedihan adalah emosi sementara. Berikut adalah 7 cara untuk membantu Anda membedakan antara kesedihan dan depresi.

1.kehilangan minat pada kegiatan yang sebelumnya dinikmati

Dengan kesedihan, aktivitas yang biasa Anda nikmati seperti menonton serial atau makan makanan yang menenangkan tetap akan menjadi gangguan yang baik yang bisa meningkatkan mood Anda. Demikian pula, panggilan telepon dari teman atau tanggal kopi bisa membantu Anda mengatasi kesedihan dan kesepian yang Anda alami, dan perlahan tapi pasti Anda akan mulai menikmati hal-hal lagi. Sebuah artikel penting dari PsychologyToday menjelaskan kondisi anhedonia, hilangnya minat sepenuhnya pada kegiatan yang pernah Anda nikmati bersama dengan ketidakmampuan untuk mempertahankan perasaan senang yang berasal dari aktivitas semacam itu. Anhedonia adalah bendera merah utama untuk depresi – jika Anda mengalami periode penarikan yang lama dari aktivitas yang menyenangkan seperti makanan, seks, pekerjaan dan interaksi sosial, pastikan untuk mencari bantuan profesional.

2.Merusak rutinitas tidur
Perasaan kesedihan dan ketidakbahagiaan mungkin membuat Anda terjaga di malam hari untuk sementara waktu tapi seperti contoh di atas untuk dapat menikmati aktivitas favorit lagi, seseorang harus bisa tidur akhirnya dan berfungsi normal setelah masa berkabung, kesedihan yang mendalam atau Gangguan emosional telah berlalu. Di sisi lain, depresi sering melihat gangguan pola tidur teratur sedemikian rupa sehingga tubuh fisik Anda dirugikan. Ini termasuk insomnia selama beberapa hari, tidak bisa bangun dari tempat tidur di pagi hari atau bahkan bergantian antara negara-negara ini untuk jangka waktu yang lama. Kelelahan, sakit kepala dan nyeri otot sering terjadi akibat pola tidur yang terganggu ini.

3.Perasaan tidak penting dan kritik diri yang serius
Indikator depresi klinis lainnya adalah ketidakmampuan mengenali harga diri, merasa berhasil dan menemukan tujuan hidup. Kesedihan cenderung menyebabkan pikiran tidak berharga dan bahkan rasa bersalah muncul ke permukaan, meski hal ini sering diimbangi oleh penegasan dan dukungan positif dari teman dan keluarga. Depresi sering kali mengarah pada pemikiran yang menghukum diri sendiri karena tidak layak dan tidak berdaya sehingga tidak dapat diubah melalui persuasi dari orang yang dicintai atau bahkan profesional medis.Dengan kesedihan, aktivitas yang biasa Anda nikmati seperti menonton serial atau makan makanan yang menenangkan tetap akan menjadi gangguan yang baik yang bisa meningkatkan mood Anda. Demikian pula, panggilan telepon dari teman atau tanggal kopi bisa membantu Anda mengatasi kesedihan dan kesepian yang Anda alami, dan perlahan tapi pasti Anda akan mulai menikmati hal-hal lagi. Sebuah artikel penting dari Psychology Today menjelaskan kondisi anhedonia, hilangnya minat sepenuhnya pada kegiatan yang pernah Anda nikmati bersama dengan ketidakmampuan untuk mempertahankan perasaan senang yang berasal dari aktivitas semacam itu. Anhedonia adalah bendera merah utama untuk depresi – jika Anda mengalami periode penarikan yang lama dari aktivitas yang menyenangkan seperti makanan, seks, pekerjaan dan interaksi sosial, pastikan untuk mencari bantuan profesional.

4.Gagal bunuh diri berulang
Kecenderungan untuk memiliki pikiran untuk bunuh diri dan keinginan untuk tidak hidup lagi bukanlah gejala kesedihan. Depresi berat sering mengambil alih perasaan tidak berharga seperti yang disebutkan di atas dan meningkatkan pemikiran ini untuk menimbulkan bahaya diri dan bahkan kematian. Gagal bunuh diri berulang adalah tanda peringatan serius depresi klinis yang memerlukan intervensi segera! Mengungkapkan pemikiran ini kepada seseorang yang dapat dipercaya dan mengakui perlunya pertolongan adalah tanda keberanian, bukan kelemahan.

5.Emosional, pemicu lingkungan dan sosial
Perasaan kesedihan dan gejala kelelahan yang menyertainya, nafsu makan dan kesepian ditekankan oleh pengalaman menyakitkan, mengecewakan atau sulit. Ini bisa mencakup kejadian emosional seperti perpisahan atau kematian, pemicu lingkungan seperti pindah ke tempat baru atau memicu seperti kecemasan sosial. Kesedihan biasanya merupakan konsekuensi dari situasi yang dapat ditunjukkan dengan penyebab yang jelas atau beberapa faktor penyebab, memungkinkan seseorang untuk mengalami kehilangan atau kekecewaan sebelum mulai merasa lebih baik. Depresi adalah suatu kondisi yang menembus pikiran, emosi, perilaku dan kepekaan tentang segala hal dan seringkali tidak dapat ditelusuri kembali ke satu pemicu tertentu. Perasaan sedih dan kegelisahan yang parah tanpa adanya pemicu spesifik sering mengindikasikan kondisi depresi yang lebih menekan.

6.Kehilangan nafsu makan dan perubahan berat badan
Depresi adalah kondisi yang menaklukkan nafsu makan yang sehat, seringkali dengan dampak jangka panjang dan parah pada tubuh. Perubahan berat badan yang signifikan dipasangkan dengan hilangnya nafsu makan – bahkan untuk makanan yang menenangkan – merupakan tanda depresi yang seharusnya tidak diabaikan, terutama karena hal itu mulai mempengaruhi tingkat energi dan fungsi tubuh yang penting. Perubahan berat badan, baik dalam kehilangan dan bertambahnya berat badan, selama periode kesedihan tentu tidak biasa. Namun, mengganggu rutinitas makan dan mengakibatkan perubahan berat badan akan sering mendorong orang pada saat kesedihan untuk kembali ke rutinitas sehat dengan makan dan olahraga teratur. Ini bukan kasus bagi mereka yang menderita depresi.

7.Gerakan melambat, kelelahan dan kehilangan fokus
Konsentrasi yang buruk dan kehilangan fokus pada saat kesedihan sebagian besar terjadi karena keasyikan dengan pemikiran lain, terutama yang berhubungan dengan penyebab kesedihan seperti pemicu yang disebutkan di atas. Depresi mempengaruhi konsentrasi melalui kurangnya pemikiran, pemikiran lamban dan ketidakmampuan untuk membuat keputusan dari semua besaran – bahkan keputusan yang tampaknya tidak penting yang memerlukan pemikiran minimal. Depresi adalah penyebab dari gagalnya kemampuan Anda untuk berpikir dan bergerak sementara kesedihan sebagian besar akan mempengaruhi keinginan Anda untuk berfungsi seperti biasa – dan hanya untuk sementara.

Kesimpulannya, kesedihan dan depresi secara keliru digunakan sebagai istilah yang saling dipertukarkan untuk perasaan putus asa, kesepian dan ketidakbahagiaan umum. Penting untuk menilai perbedaan di atas dan menyadari bahwa depresi adalah penyakit serius yang perlu ditangani dengan tepat, sementara kesedihan adalah masa emosional yang akan berlalu seiring berjalannya waktu. Jika gejala depresi di atas beresonansi dengan Anda, segera dapatkan bantuan profesional – depresi adalah kondisi yang memerlukan perhatian serius.

Terkadang sedih dan depresi harus diceritakan juga, link comment terbuka kok buat cerita kalian, mungkin saja saya atau teman teman pembaca blog yang lain bisa memberi solusi .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *