Manfaat Upacara Bendera Untuk Anak Sekolah Dasar

manfaat upacara benderaManfaat Upacara Bendera Untuk Anak Sekolah Dasar, Beberapa anak di zaman sekarang merasa bahwa upacara bendera adalah kegiatan yang kurang menyenangkan. Bukan saja karena temponya yang lama, namun karena terik matahari yang menyengat bisa membuat anak-anak tidak suka mengikuti upacara bendera. Sebagai pendidik, kita perlu mempromosikan aktivitas ini sebagai aktivitas yang bermanfaat. Dengan menjelaskan manfaat-manfaatnya, diharapkan anak-anak akan semakin mencintai aktivitas ini.

    Melatih ketahanan mental dan fisik

Para petugas upacara wajib terlihat tegas dan menunjukkan posisi tegap. Mau tidak mau, anak-anak yang terbiasa bermanja-manja akan berlatih untuk membuat posisi dan sikap yang tegas dan tegak. Semua peserta pun harus bisa berdiri dengan baiik. Mereka harus bisa bersabar untuk bisa melakukan aktivitas yang lain, misalnya ngobrol, berlari atau pun bermain. Anak-anak pun akan menjadi lebih kuat berdiri dalam jangka waktu yang relatif agak lama, tanpa diperbolehkan mengeluh “capek”.

    Melatih Ketertiban dan Kedisiplinan

Anak-anak yang terlambat hadir di aktivitas ini biasanya akan merasa malu. Karena ia akan menjadi pusat perhatian teman-teman lainnya. Mau tidak mau, anak akan terpacu untuk bisa datang tepat waktu. Selain itu, kegiatan ini tidak bisa diikuti dengan seenaknya. Semua siswa harus mengikutinya dengan khidmat. Bila ada yang bercanda atau berbicara sedikit saja, akan terdengar oleh siswa lainnya. Anak-anak juga dituntut untuk bisa berdiri tegak hingga upacara usai.

    Melatih pentingnya kebersamaan dan sosialisasi

Upacara bendera selalu diikuti oleh siswa dan semua anggota sekolah, termasuk guru, karyawan, kepala sekolah, dan ketua yayasan. Hal ini akan memupuk kekompakan dan kebersamaan. Semua peserta upacara, tidak peduli apa pun posisi mereka, wajib mengikuti aturan yang sama, yaitu mengikuti upacara dengan khidmat. Selain itu, kerjasama antar petugas serta kerjasama antara petugas dan peserta upacara juga perlu dijaga supaya upacara bisa berjalan dengan baik dan lancar. Agar anak didik memiliki semangat kebersamaan dan kehidupan sosial yang baik, tingkatkan kecerdasan spiritual dan sosial anak didik.

    Meningkatkan semangat cinta tanah air

Upacara bendera sering dirayakan di hari-hari besar nasional. Maksud dari pemerintah mencanangkan program ini adalah agar semua warga Indonesia tetap menjaga semangat cinta tanah air dan bangsa. Sehingga di masa depan nanti, para generasi muda semakin mencintai tanah airnya, dan bersemangat meraih prestasi demi kemajuan bangsa. Selain itu, aktivitas ini dimaksudkan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara.

    Menanamkan jiwa kepemimpinan

Semua siswa biasanya akan mendapatkan kesempatan bertugas di sebuah upacara bendera. Mereka akan berlatih memimpin teman-teman mereka, baik sebagai pemimpin upacara, pemimpin barisan, pemimpin pasukan pengibar bendera, dan petugas lainnya. Dengan tampil di depan umum, mereka telah berlatih menjadi seorang peimpin yang baik dan bertanggungjawab agar aktivitas bisa berjalan dengan baik dan lancar.

    Memupuk nilai kesopanan

Siswa-siswi peserta upacara diwajibkan berpakaian rapi, bertopi, berkaus kaki hitam atau putih (tidak warna-warni), serta memakai dasi saat mengikuti upacara bendera. Mereka juga dituntut untuk bisa menjaga sikap, terutama tidak banyak biacara dan bergerak. Hal ini akan memupuk nilai-nilai kesopanan di hati peserta upacara.

Bagaimana pun kegiatan upacara bendera sangat penting untuk dilaksanakan. Karena anak-anak akan diajak untuk mengingat kembali jasa-jasa para pahlawan yang gugur membela bangsa, apa yang harus dilakukan oleh generasi muda untuk membalas jasa pahlawan, dan banyak pesan-pesan moral yang bisa kita berikan kepada para siswa, Inilah tugas guru dan orang tua dalam menyampaikannya kepada anak-anak, sehingga sedini mungkin mereka diajak untuk mencintai aktivitas ini.

2 thoughts on “Manfaat Upacara Bendera Untuk Anak Sekolah Dasar

  • at
    Permalink

    banyak manfaat dari mengikuti upacara bendera, seperti hal nya yang di peperkan dalam artikel ini.

    Reply
  • at
    Permalink

    terima kasih sudah di bagi min
    saya inget dulu pas jadi pimpinan upacara
    hee
    siaaaaaappp gerak
    he

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *