Cara Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Yang Perlu Diketahui

cara mengembangkan kreativitas anak usia diniCara Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Yang Perlu Diketahui, Seorang pendidik terkenal dari Inggris mengatakan, “Jika seseorang tidak memiliki kreatifitas, berarti ia tidak pintar sama sekali.” Apa yang ia katakan memang benar. Bagaimanapun pun anak-anak adalah pribadi yang terlahir dengan kreatifitas yang dimilikinya. Tanpa kreatifitas, anak-anak hanya seperti sebuah robot, yang hanya bergerak sesuai dengan keinginan pengendalinya.

Agar kreatifitas anak bisa berkembang, diperlukan kebebasan. Kebebasan inilah yang bisa membuat anak-anak terlihat sangat ceria dan nyaman melakukan apa yang ia suka. Ia tidak memiliki tanggung jawab yang terlalu berat, ia tidak pernah memikirkan suatu permasalahan, ia juga tidak mudah menyimpan amarah pada orang lain. Alasan-alasan itulah yang bisa membuat anak cepat berkembang.

Sistem pembelajaran di sekolah harus mendukung kepribadian anak ini. Perlu adanya sistem pembelajaran dimana “anak adalah pusatnya”, sehingga memungkinkan bagi anak untuk mengekplorasi diri dan memuaskan rasa ingin tahu mereka yang begitu besar. Aturan-aturan yang terlalu ketat bisa membatasi kemampuan anak. Oleh karenanya, pendidik perlu lebih memberikan kesempatan kepada anak-anak didik agar bisa lebih aktif dalam pembelajaran.

Anak-anak perlu diberikan kesempatan untuk lebih banyak bergerak dan mengemukakan pendapat. Anak-anak juga perlu diberikan kesempatan untuk dapat menggunakan panca indera dalam proses pembelajaran. Hal ini akan membantu anak dalam memahami dan mengingat dalam jangka waktu yang lama apa yang sedang mereka pelajari. Sekolah, sebagai tempat anak-anak belajar juga perlu menyediakan aneka permainan yang memungkinkan anak-anak didik agar bisa mengekplorasi diri mereka sembari melatih motorik mereka.

Aktivitas “craft” dipercaya mampu meningkatkan kreatfitas anak. Karena dengan membuat hasta karya, anak-anak bisa bebas berekspresi. Anak-anak juga bisa melakukannya dengan suasana yang ceria. Bila Anda mencari aneka hasta karya sesuai tema pembelajaran di sekolah, semua ada di portal ini.

Melalui artikel ini kami hanya ingin menekankan kepada orang tua agar lebih berhati-hati dalam memilihkan sekolah bagi buah hatinya. Jangan sampai sekolah yang seharusnya menjadi tempat bermain sambil belajar menjadi tempat yang membosankan dan bahkan malah cenderung membuat anak sulit berkembang. Pembelajaran yang terlalu serius, tenaga pendidik yang cenderung kurang sabar, dan sarana bermain yang kurang memadai bisa menjadi faktor penghambat perkembangan anak.

3 thoughts on “Cara Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Yang Perlu Diketahui

  • at
    Permalink

    ilmu da pengalaman baru ini buat melatih anak menjadi lebih kreatif tanpa batas sesuai dengan yang dia kerjakan

    Reply
  • at
    Permalink

    terima kasih sudah di bagi min
    izin di share lagi min
    karena anak2 kita harus kita didik dari kecil

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *