Cara Membiasakan Anak Gemar Membaca Tanpa Dipaksa

cara membiasakan anak gemar membacaCara Membiasakan Anak Gemar Membaca Tanpa Dipaksa, Anak-anak adalah pribadi yang masih perlu banyak belajar. Dalam hal belajar, tentu saja semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Bila orang dewasa melakukan kesalahan, tentu saja perlu dievaluasi atau dikritik supaya tidak melakukan kesalahan yang sama. Berbeda dengan anak-anak, mereka adalah pribadi yang masih sangat sensitif. Mereka akan sangat merasa “down” bila mendapatkan kritikan, namun mereka akan sangat “melayang” saat mereka diberikan pujian.

Melalui artikel ini, Educa Guru akan mengajak anda untuk memahami cara agar anak gemar membaca. Sebelum kita mengajari anak cara membaca, akan lebih baik bagi kita untuk membuat mereka menjadi pribadi yang gemar membaca. Sehingga nantinya mereka akan lebih mudah menerima pelajaran membaca tanpa ada beban, atau merasa dipaksa. Berikut ini adalah beberapa tips yang akan membantu anak menjadi pribadi yang “gemar membaca”.

Memajang hasil karya anak

Bagi anak-anak yang belum memiliki kemampuan membaca, pengertian membaca adalah melihat gambar-gambar yang ada di buku. Ada kalanya anak-anak suka menggambar ulang gambar-gambar yang ada di buku. Bila anak suka melakukannya, anda bisa memajang hasil karya mereka di kamar maupun tempat-tempat yang mudah dilihat. Aneka karya anak bisa diajarkan sesuai tema pembelajaran di sekolah. Hal ini akan membantu anak untuk memahami cara menggunakan apa yang mereka pelajari di sekolah dalam kehidupan nyata.

Menyediakan ruangan khusus untuk membaca

Siapkan sebuah ruangan khusus yang berisi koleksi buku, khususnya buku-buku untuk anak-anak. Dekorasi ruangan semenarik mungkin, sehingga anak akan merasa senang berada di sana. Di waktu senggang, anak bisa memanfaatkannya dengan membaca buku di ruangan tersebut.

Mengajarkan cara menyayangi buku

Aktivitas membaca sangat identik dengan buku. Agar anak gemar membaca, ajarkan kepada anak tentang cara merawat buku. Misalnya dengan cara menyampulnya, membersihkannya bila terkena debu, dan menyimpannya dengan rapi setelah membaca. Selain itu, orang tua juga perlu menjadi teladan yang baik dalam hal merawat buku. Rawatlah buku koleksi anda dengan baik, agar bisa mengajarkan kepada anak cara merawat buku.

Ajak ke toko dan pameran buku

Ajak anak ke toko-toko buku di kota anda. Dan bila ada acara pameran buku, ajak anak untuk mengunjungi pameran tersebut. Dengan semakin sering melihat-lihat dan mengenal berbagai judul dan bentuk buku yang menarik, maka hal ini akan memupuk rasa cinta anak kepada buku. Biarkan anak-anak memilih buku yang mereka suka.

Jelaskan manfaat buku

Jelaskan kepada anak tentang manfaat buku. Ceritakan pula kepada anak bahwa tanpa buku, manusia tidak akan menjadi anak yang pintar, sedangkan dengan memaca buku manusia akan menjadi orang yang pintar dan kaya ilmu.

Membacakan isi buku

Bila anak belum terlalu piawai dalam hal membaca buku, anda bisa membacakan anak berbagai macam buku. Misalnya menceritakan buku dongeng, buku ensiklopedia, dan buku-buku lain yang sekiranya bermanfaat untuk menambah pengetahuan anak dan membangun moral anak. Selain membacakan isi buku, kita bisa mendiskusikan tentang isi buku yang dibaca.

Memberikan kado berisi buku

Di acara-acara spesial, berikan buku sebagai kado yang spesial. Misalnya, pada saat acara ulang tahun, acara hari besar agama, dan acara lainnya. Usahakan membelikan buku sesuai dengan tema acara tersebut.

Membawa buku kemana-mana

Untuk mengisi waktu luang, baik di rumah mau pun di luar rumah, sediakan buku sebagai sarana mengisi waktu luang tersebut. Saat anak menunggu jemputan, anak-anak pasti akan senang bila menunggunya sambil membaca buku. Atau saat dalam perjalanan berangkat atau pulang sekolah, kita bisa memberikan buku kepada anak agar mereka bisa membaca buku di waktu luang.

Demikian tips dari Educa Guru. Bagaimana dengan anda? Apakah anda punya cara kreatif yang bisa anda bagikan agar anak makin gemar membaca buku?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *